RAWATLAH KEHAMILAN DENGAN BENAR

Ketika Sedang Hamil Apakah Boleh Pijat?

Bahaya Pijat Di Bagian Perut Saat Hamil - Pijat bisa meringankan rasa pegal. Tetapi jika pijat di perut ada yang mengatakan itu tidak boleh, apalagi disaat sedang mengandung. Apa bahayanya jika melakukan pijat diperut disaat sedang hamil?

Ada mitos yang beredar di masyarakat bahwamasalah peranakan, menggugurkan kandungan, kesuburan, dan posisi bayi sungsang, bisa diatasi dengan pijat atau urut perut. Benarkah pijat ini benar-benar membantu? Dr Ardiansjah Dara, SpOG, dari MRCCC Siloam Semanggi Hospital mengungkapkan bahwa anggapan ini hanyalah mitos belaka. "Sebaliknya, pijat perut ini justru akan sangat berbahaya untuk perempuan, terutama untuk ibu hamil. Seluruh bagian tubuh lain boleh dipijat, asalkan bukan perut," seperti yang dikutip dari kompas.

Bahaya Pijat Di Bagian Perut Saat Hamil

Dr Dara juga mengatakan, perut merupakan bagian yang sangat sensitif bagi perempuan, karena organ-organ vital seperti usus, lambung, hati, dan lain-lainnya semua terletak di bagian ini. Yang lebih berbahaya adalah jika ada kista di perut. Pijatan di bagian sensitif ini bisa menyebabkan kista pecah dan cairannya menyebar ke semua bagian tubuh. Akibatnya, semua organ dalam ini akan "lengket" satu sama lain. Hal itulah yang akan memengaruhi kesuburan dan metabolisme tubuh. Ibu hamil dengan posisi bayi sungsang umumnya juga disarankan untuk melakukan pijat perut untuk memutar posisi bayi. Padahal memijat perut saat hamil justru akan membuat ibu berisiko besar mengalami pendarahan. Sedangkan si bayi berisiko mengalami masalah lain seperti terlilit tali pusar, pecah ketuban, dan lain-lainnya. "Pijat hanya berfungsi untuk menghilangkan pegal. Namun, khusus bagian perut tidak boleh dipijat dengan alasan apa pun oleh semua perempuan, baik yang sedang hamil atau yang tidak."

Itulah tadi bahayanya pijat diperut menurut Dr Ardiansjah Dara, SpOG. Seperti yang dikatakan diatas sebaiknya perlu dihindari meskipun tidak sedang hamil maupun sedang hamil.

Memasuki Masa Hamil? Dr Riyani SpOG Siap Membantu.
Kesalahan-kesalahan saat menjalani masa kehamilan bisa menyebabkan beberapa masalah serius, di antaranya:
- Keguguran.
- Bayi cacat saat dilahirkan.
- Rasa sakit yang berlebihan saat persalinan, dan masih banyak lagi.
Kesalahan-kesalahan ini biasanya sering di alami oleh ibu-ibu muda yang minim pengetahuan tentang memperlakukan kehamilannya, Lihat Selengkapnya...>>>


Pesan Dari Dr Eiyta Tentang Solusi Merawat Bayi: